5 Penyebab Timbul Rayap di Rumah Anda

  • Whatsapp

Anda mungkin tidak menyadari bahwa beberapa material dari kayu di rumah baik untuk bangunan atau perabotan terkena rayap. Karena pergerakan rayap yang cepat, tiba-tiba kayu keropos atau tidak padat berisi lagi sehingga merusak fungsi dari perabot atau bangunan. Untuk mengatasinya perlu adanya jasa pengendalian dan anti rayap yang ahli dan terpercaya.

Read More

Penyebab Rayap di Rumah

Setelah material kayu habis dimakan rayap, ada beberapa pertanyaan yang terbersit, dari mana dan apa yang menyebabkan rayap datang ke rumah Anda? Salah satunya tentu adalah adanya material kayu. Tetapi, selain itu ada beberapa faktor pendukung yang lain, yaitu:

1. Kualitas Material Kayu Buruk

Kayu dengan kualitas buruk dapat menjadi sarang favorit rayap. Kualitas buruk ini antara lain kayu dengan harga murah dan tidak memiliki sifat keras. Karena hal ini, rayap dapat dengan mudah memakan kayu.

Anda mungkin tidak menyadari kualitas kayu rumah Anda buruk. Oleh karena itu, saat membangun rumah, Anda sebaiknya melakukan perencanaan membeli kayu dengan matang dan berkonsultasi pada ahli bangunan.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Rumah

Rayap menyukai tempat-tempat kotor dan lembab. Sudut rumah yang kotor dan lembab dapat memicu timbulnya rayap. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hama ini selain dengan memanggil jasa anti rayap adalah melakukan pembersihan rumah secara rutin.

3. Kurang Cahaya Matahari

Ruangan atau sudut yang kekurangan cahaya matahari dapat memicu perkembangbiakan rayap dengan cepat. Rayap menyukai tempat-tempat yang lembab karena tempat tersebut adalah habitat hidupnya.

Keadaan lembab dan kurang cahaya matahari dapat secara cepat menumbuhkan jamur di kayu. Selain itu, sirkulasi udara yang buruk atau ruangan yang selalu tertutup juga dapat memicu timbulnya rayap. Oleh karena itu, saat memilih atau membangun rumah, Anda harus memastikan aliran udara dan sumber sinar matahari.

Apabila Anda memiliki ruangan yang tertutup dan sedikit terkena cahaya matahari, Anda dapat menambah pendingin ruangan (AC) agar udara di dalam ruangan tetap kering. Temperatur ruangan yang dingin dapat membasmi rayap secara cepat.

4. Tanah Sekitar Rumah Anda Gembur

Rayap menyukai tanah lembap dan gembur. Apabila Anda memiliki pekarangan, bangunlah sekat antara pekarangan dengan tanah tersebut. Rayap juga dapat tumbuh pada rumah yang awalnya area persawahan yang subur dan gembur. Oleh karena hal ini, Anda dapat melakukan perawatan rumah dengan jasa anti rayap yang terpercaya setiap enam bulan sekali.

5. Ada Banyak Rongga di Rumah

Rayap dapat bergerak ganas dan menembus pada tembok. Selain itu, hama ini juga dapat merayap ke beberapa celah seperti dari pipa, pondasi, dan atap rumah. Anda dapat menutup rongga yang ada di tembok secepatnya apabila sudah melakukan perawatan anti rayap.

Menjaga rumah sangat penting agar tidak ada hama rayap. Selain perawatan rumah sendiri, Anda juga dapat menggunakan jasa anti rayap secara berkala terutama pada sudut atau ruangan yang berpotensi terkena rayap.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *