5 Olahraga Penderita Jantung Koroner Yang Bisa Dilakukan

  • Whatsapp

Kebiasan malas beraktivitas fisik merupakan salah satu faktor yang dapat memicu munculnya gejala penyakit jantung koroner yang terkadang bisa datang secara mendadak. Gangguan pada kardiovaskuler akan menjadi bahaya yang bisa mengancam nyawa apabila tidak segera ditangani.

Read More

Salah satu yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko tersebut adalah dengan olahraga. Berikut pilihan olahraga penderita jantung koroner yang baik dilakukan.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Kardiovaskuler

1. Berjalan Kaki

Bukan hal umum lagi jika aktivitas fisik satu ini memiliki banyak manfaat baik yang bisa diperoleh bila rutin melakukannya, apalagi bagi penderita jantung koroner. Hal ini dikarenakan pada bagian kaki manusia terdapat banyak sekali syaraf yang berhubungan dengan jantung. Oleh sebab itu, rutin melakukan jalan kaki secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan jantung.

Durasi waktu untuk melakukan olahraga jalan kaki biasanya kurang lebih 60 menit. Dengan melakukan aktivitas tersebut selama waktu yang ditentukan akan membantu dalam memperbaiki saraf jantung yang ada pada kaki. Dalam pelaksanaannya tidak harus dilakukan sekaligus dalam waktu 60 menit, namun bisa dengan sedikit demi sedikit sambil melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Yoga

Kegiatan satu ini juga menjadi olahraga penderita jantung koroner yang baik untuk dilakukan. Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari melakukan yoga, tak terkecuali untuk kesehatan jantung. Selain untuk memberikan efek menenangkan, dengan melakukan yoga juga membantu melancarkan kerja jantung dalam memompa darah.

Disamping untuk membantu kerja jantung, ternyata olahraga yoga juga turut andil dalam memperkecil kemungkinan komplikasi, yang mungkin ditimbulkan oleh penyakit jantung koroner. Seperti halnya olahraga pada umumnya, disamping bisa membentuk tubuh, rutin melakukan olahraga juga dapat menurunkan resiko terkena berbagai jenis penyakit lainnya.

3. Jogging

Dengan melakukan olahraga jogging selama kurang lebih 30 menit, sama artinya dengan jalan kaki selama satu jam. Bagi penderita kardiovaskuler disarankan untuk tidak memaksakan diri dalam melakukan kegiatan satu ini. Pasalnya, kegiatan jogging biasanya menguras banyak tenaga, dimana hal tersebut seharusnya dihindari oleh penderita jantung. Namun, jika mengetahui batasan pada tubuh, olahraga ini sangat baik untuk kesehatan kardiovaskuler.

4. Push Up Dan Sit Up

Aktivitas fisik ini juga menjadi olahraga penderita jantung koroner yang baik untuk dilakukan. Namun, dalam melakukannya harus sesuai dengan batasan pada tubuh, karena bila penderita jantung melakukan olahraga push up dan sit up yang berlebihan akan berdampak buruk pada kinerja jantung. Aktivitas fisik ini dapat dilakukan saat pagi hari dengan hitungan 25 hingga 50. Namun, jika sudah merasa kelelahan, maka olahraga bisa dihentikan.

Push up dan sit up dikatakan baik untuk jantung, karena dengan melakukannya akan membantu jantung dalam memompa aliran darah. Dimana, kondisi tersebut akan berperan dalam membantu membersihkan pembuluh darah arteri dari berbagai sumbatan, misalnya kolesterol. Sehingga akan mengakibatkan saluran tersebut dapat dialiri oleh darah dengan normal.

5. Bersepeda

Olahraga penderita jantung koroner yang paling memberikan manfaat adalah bersepeda. Dengan melakukan kegiatan ini, jantung akan dipompa secara signifikan dan tepat, sehingga akan melancarkan aliran darah serta dapat membuat dinding saluran darah menjadi lebih tebal. Jika melakukan kegiatan ini secara rutin, maka akan membuat jantung menjadi lebih sehat.

Kegiatan olahraga adalah salah satu hal baik yang dapat dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, tak terkecuali bagi penderita penyakit kardiovaskuler. Namun, tidak semua olahraga baik dilakukan oleh pasien penyakit jantung koroner. Beberapa pilihan aktivitas fisik tersebut baik bila dilakukan oleh penderita gangguan jantung, tetapi tetap harus memperhatikan kesanggupan tubuh serta disarankan sesuai anjuran dari dokter.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *